LITERASI KAMPUNG

Perpustakaan Mandiri Literasi Kampung

Literasi Kampung

Literasi Kampung adalah sebuah organisasi berbasis sosial yang bergerak di bidang Pendidikan, Lingkungan dan Kebudayaan dan berfungsi sebagai wadah pendidikan non formal yang diprakarsai oleh sejumlah pemuda yang tergabung dari desa Banyumudal dan Moga, kecamatan moga, dengan visinya adalah membudayakan budaya membaca terhadap masyarakat desa Banyumudal pada khususnya dan kabupaten Pemalang pada umumnya.

Sekretariat sekaligus ruang baca atau perpustakaan Literasi Kampung berada pada bangunan pribadi salah satu founder atau pendiri yang beralamat di Jl Bandawasa No.52 Rt 01 Rw 08 Banyumudal kecamatan Moga. Literasi Kampung dibentuk pada bulan Maret 2016 dan dideklarasikan pada tanggal 3 September 2016. Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi membuka ruang baca atau perpustakaan mandiri sebagai sarana belajar masyarakat desa Banyumudal dan sekitarnya, kemudian kegiatan Perpustakaan Keliling (Pusling) yang mana kegiatannya adalah menggelar buku di tempat-tempat tertentu dan berpindah-pindah dari Desa ke Desa di wilayah Kecamatan Moga dan Kecamatan Pulosari yang meliputi wilayah Selatan Kabupaten Pemalang. Kegiatan tersebut  telah berlangsung selama hampir dua Tahun sejak berdiri pada tanggal 24 Maret 2016. Selain itu,

 

Literasi kampung juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak /stakeholder, organisasi dan komunitas lainnya baik yang berada di Kabupaten Pemalang maupun di luar Kabupaten Pemalang, seperti yang sudah di Laksanakan di antaranya Kegiatan LMTV (Long Middle Term Volunteer ), yaitu sebuah kegiatan kerjasama antara Literasi Kampung dengan IIWC  (Indonesia International Work Camp) of PKBI Jawa Tengah, yaitu lewat progam pertukaran relawan Indonesia dan Luar Negeri dalam rangka memberi edukasi, semangat dan motivasi kepada masyarakat. Adapaun relawan asing yang pernah hadir berkegiatan bersama dengan Literasi Kampung antara lain berasal dari Jerman, Belgia dan Perancis.

Tak ketinggalan pula aksi-aksi kepedulian sosial dari Literasi Kampung yang sudah dilaksanakan seperti kegiatan menanam pohon di area dukuh Gondang desa Banyumudal kecamatan Moga dan penanaman pohon di Curug Sahid desa Cikendung kecamatan Pulosari yang mana dihadiri oleh Bapak Kepala Desa setempat dan merupakan kegiatan kerjasama antara Literasi Kampung dengan bidang Kehutanan KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Serta kegiatan santunan kepada anak yatim di salah satu Panti Asuhan di desa Moga kecamatan Moga bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar Semesta Ilmu.

Informasi lengkap seputar Literasi Kampung silahkan kunjungi website resminya di http://www.literasikampung.org/